Apa Perbedaan Bapas, Lapas, dan Rutan?

“Ada banyak masyarakat Indonesia yang masih bingung tentang perbedaan antara bapas, lapas, dan rutan? Lantas apa bedanya?”

Bukannya mereka hal yang sama dan itu hanya berbeda di nama saja ya?

Untuk mengetahui jawabannya langsung saja baca artikel ini dari awal hingga selesai!

Perbedaan Bapas Lapas dan Rutan

DAFTAR ISI

Bapas

Bapas adalah singkatan dari Balai Pemasyarakatan.

Menurut pasal 1 ayat 4 pada Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan menyatakan pengertian dari Bapas atau Balai Pemasyarakatan adalah pranata yang digunakan untuk melaksanakan bimbingan pada Klien Pemasyarakatan.

Adapun pengertian lain dari Pasal 1 ayat 24, Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak menyatakan bahwa pengertian Bapas adalah unit pelaksana teknis pemasyarakatan yang menjalankan tugas dan fungsi pembimbing, penelitian, pengawasan, dan pendampingan kemasyarakatan.

Bapas ini membimbing terpidana bersyarat, narapidana, anak negara, dan anak pidana yang memperoleh pembebasan bersyarat atau cuti menjelang bebas (CMB), anak yang dijatuhi pidana pengawasan, serta anak yang wajib menjalani latihan kerja sebagai pengganti denda.

Bapas didirikan atau dibangun di setiap ibu kota kotamadya dan kabupaten atau jika perlu maka bisa juga dibangun Cabang Bapas di kecamatan atau kota administratif.

KLIK DI SINI UNTUK TERUS MEMBACA